https://www.cryptoliveleak.org/i-still-believe-2020-full-length/
https://www.kickstarter.com/projects/itilenak/64279411?ref=26b0vm&token=ef67ec93
https://www.kickstarter.com/projects/itilenak/1558143247?ref=xt7apj&token=cbea204c
https://www.kickstarter.com/projects/joelodods/242239029?ref=b7egzs&token=1f474af4
https://www.kickstarter.com/projects/itilenak/1561110300?ref=8oz9m8&token=baedf3b8
https://www.kickstarter.com/projects/joelodods/622092121?ref=6po4ig&token=bb3dc2d2
https://www.kickstarter.com/projects/joelodods/2027858971?ref=67lctb&token=5e74f328
https://www.bizcommunity.com/Profile/REGARDERJ'ycroisencore2020
https://www.cryptoliveleak.org/new-animation-for-u-all/
https://t.co/SBfQBoYAI8?Trolls2WorldTour
https://www.kickstarter.com/projects/1056094935/467434438?ref=55v4mi&token=309c9bdd
https://www.kickstarter.com/projects/nuhunkeundollar/2046320451?ref=cpq8t7&token=e7fa1354
https://www.kickstarter.com/projects/1056094935/517789006?ref=dd1iju&token=33731714
https://www.kickstarter.com/projects/nuhunkeundollar/849807948?ref=669kd8&token=6eb752fe
https://www.kickstarter.com/projects/1056094935/1785588088?ref=62g39l&token=8998b8b2
https://www.kickstarter.com/projects/nuhunkeundollar/1095561106?ref=87vqd6&token=b36079a0
Pengertian /Definisi Pemasaran - Pemasaran adalah salah satu
kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan
barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan
konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan
manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran
berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang
potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci
kesuksesan dari suatu perusahaan.
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran
adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada
pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran
merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis
yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen
untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran
atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan
kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari
konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan
produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas
perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada
akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
Konsep Pemasaran
Pemasaran
merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan
mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan
falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep
pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus
menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume
itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Menurut
Swastha dan Irawan, (2005 : 10) mendefinisikan konsep pemasaran sebuah
falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen
merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Bagian pemasaran pada suatu perusahaan memegang peranan yang sangat
penting dalam rangka mencapai besarnya volume penjualan, karena dengan
tercapainya sejumlah volume penjualan yang diinginkan berarti kinerja
bagian pemasaran dalam memperkenalkan produk telah berjalan dengan
benar. Penjualan dan pemasaran sering dianggap sama tetapi sebenarnya
berbeda.
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen
dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai
perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda
dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan.
Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik,
kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan
pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan
keinginan konsumen terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan bagaimana
caranya memuaskan.
Daftar Pustaka
- Kotler, Philip.
2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
- Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
- Swastha, Basu dan Irawan. 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
No comments:
Post a Comment