Tuesday, March 31, 2020

Dengan 5 Tips Ini, Budidaya Ikan Cupang Menjadi Mudah sekali


https://www.justgiving.com/team/watch-empire-season-6-episode-15-online
Apakah kamu tertarik untuk melakukan budidaya ikan cupang? Yuk, jadiin artikel ini sebagai pedoman kamu agar proses pemeliharaan kamu menjadi mudah.
Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang ditemukan di perairan negara-negara Asia Tenggara. Di alam bebas ikan cupang hidup berkelompok dengan habitat asli di rawa-rawa, sungai yang arusnya tenang dan danau.
Budidaya ikan dengan nama latin Betta sp ini tergolong murah dan mudah, karena tidak memerlukan tempat yang luas. Bahkan budidaya ikan cupang dapat dilakukan dalam skala rumahan.
Karena ikan cupang memiliki labirin seperti pada paru-paru manusia, ikan ini mampu hidup di air yang memiliki kandungan oksigen minim, sehingga ikan cupang mampu hidup dalam toples kecil yang tidak menggunakan aerator.
Terdapat dua jenis utama ikan cupang, yaitu ikan cupang hias yang dinikmati keindahan warna, bentuk dan keindahannya, serta ikan cupang adu untuk diadu. Namun, di beberapa negara, mengadu cupang merupakan tindakan ilegal
Jika kita lihat semakin hari pasaran ikan cupang semakin luas. Bahkan ikan cupang sering kita jumpai dijual di sekolah-sekolah dasar. Hal ini tentunya merupakan indikasi yang bagus dari bisnis ikan cupang.

5 Tips Budidaya Ikan Cupang

Nah, jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini, berikut adalah tips mudah budidaya ikan cupang:
Baca Juga: 5 Tahap Budidaya Ikan Secara Aquaponik

Kriteria Induk yang Bagus

Langkah pertama dalam memulai budidaya ikan cupang adalah dengan memilih indukan cupang. Indukan yang baik berasal dari keturunan yang unggul dan kondisinya bugar serta bebas penyakit dan bebas cacat.
Tempatkan indukan jantan dan betina di tempat yang terpisah. Ikan cupang jantan memiliki sirip dan ekor lebar mengembang, warnanya cerah, gerakannya lincah, dan tubuhnya lebih besar.
Sementara ikan cupang betina memiliki sirip dan ekor yang pendek, warnanya kusam, gerakannya lebih lamban dan bertubuh kecil.

Pemilihan Indukan Cupang

Sebelum melakukan pemijahan, pastikan indukan jantan dan betina ikan cupang sudah dalam keadaan matang dan siap untuk dikawinkan. Indukan yang siap dikawinkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut, untuk indukan jantan:
  1. Berumur sekitar 4-8 bulan
  2. Badan berbentuk panjang
  3. Memiliki sirip yang panjang dan warna yang menarik
  4. Gerakannya lincah dan agresif
Dan berikut adalah ciri-ciri indukan betina yang siap untuk dikawinkan:
  1. Berumur sekitar 3-4 bulan.
  2. Badan berbentuk membulat dengan bagian perut sedikit membucit.
  3. Memiliki sirip yang pendek dan warna yang kusam serta kurang menarik.
  4. Gerakannya lambat.

No comments:

Post a Comment